Wednesday, January 11, 2017

Tips Liburan Murah Yang Bikin Hati Senang

Setelah sibuk dengan segudang aktifitas pekerjaan kantor sehari-hari, atau setumpuk tugas kuliah, saatnya anda merencanakan Liburan untuk benar-benar merefresh kembali pikiran anda agar siap menghadapi hari-hari selanjutnya. Berlibur yang menyenangkan tidak harus selalu pergi ke luar negeri, berlibur di dalam negeri sendiri juga cukup menyenangkan dan tidak terlalu banyak menguras budget kita. liburan ke tempat yang cenderung sepi juga dapat benar-benar merefresh kita.



Bandingkan jika kita memilih untuk pergi berlibur ke luar negeri. Ada beberapa hal yang perlu kita siapkan, setidaknya hal-hal penting mengenai identitas kewarganegaraan kita seperti Passport dan Visa. Belum lagi jika kita hendak melakukan transaksi keuangan disana, paling tidak pembayaran non tunai atau cash  harus kita miliki. Jika masih berlibur di dalam negeri, kita tidak usah memikirkan hal-hal tadi, cukup membuat rencana perjalanan dan juga budget yang disesuaikan.
Bagaimana membuat liburan menjadi menyenangkan dan low budget , berikut ini ulasan selengkapnya:

Cari Informasi Lengkap Tentang Tujuan Liburan 

Saat sudah memutuskan untuk berlibur, mulailah untuk mencari informasi selengkap mungkin mengenai tujuan liburan anda. Saat ini Google juga bisa membantu anda menemukan banyak informasi mengenai tempat berlibur yang mungkin anda pilih. Carilah informasi mengenai jarak perjalananya, rutenya, kemudian cari juga infromasi mengenai harga tiket ke lokasi wisata tertentu disana (jika memang akan berwisata), berapa biaya penginapan dan juga hal-hal lainya yang diperlukan saat akan berlibur disana nanti. Manfaatkan jika ada promo-promo atau diskon menarik di sekitar tempat berlibur tersebut.

Jangan berlibur Pada Musim Liburan

Musim liburan memang menyenangkan untuk sebagian besar orang, namun karena hampir sebagian besar orang berlibur, resikonya tempat wisata yang ada menjadi penuh dan ramai. Idelanya, belibur ke tempat favorit seperti pantai atau wisata indoor lainya, adalah untuk menemukan tempat yang sunyi, sepi dan menenangkan. Namun, keadaan berubah bila musim liburan tiba, karena tempat-tempat liburan akan dipenuhi oleh banyak orang. Sebaiknya anda tidak pergi berlibur di saat musim liburan, jika ingin liburan anda menyenangkan. Pergilah saat hari-hari biasa, atau saat anda mengambil cuti khusus.

Liburan Bersama teman atau keluarga

Liburan sendirian rasanya juga kurang seru, sebaiknya anda pergi berlibur dengan teman anda atau salah satu anggota keluarga anda yang memiliki jadwal libur yang sama dengan anda. Selain itu, mungkin saat menjalani liburan nanti, anda akan memerlukan bantuan orang untuk mengambil foto anda, atau sekedar mengobrol saat berada di lokasi wisata atau liburan.

Membuat Rencana Perjalanan

Agar liburan anda lebih terencana, dan saat akan pergi tidak bingung mau kemana saja,anda buat rencana perjalanan anda sendiri. mulai buat dari hari pertama akan kemana dan mengunjungi apa saja. Kemudian, rencanakan tarnsportasi apa yang akan digunakan untuk sampai kesana, atau sekedar berkeliling di tempat wisata tersebut. rencanakan juga berapa biaya yang dihabiskan selama berlibur disana.  Dengan menyusun rencana liburan tersebut, anda tidak akan keluar dari jadwal yang sudah dibuat, sehingga semuanya lebih teratur. Anda juga bisa lebih berhemat  karena perencanaan keuanganya juga sudah anda buat sekaligus.

Bangun Koneksi Yang Luas

Anda perlu memiliki koneksi yang luas, dengan cara memiliki teman atau kenalan di tujuan wisata anda. Dengan begitu, anda akan lebih aman dan tenang, berada di tempat tujuan wisata anda. Anda juga tidak perlu menggunakan jasa tour guide karena mungkin teman anda ini bisa menunjukan anda tempat- tempat bagus di sekitar sana. Jika tidak sempat menemukan tempat penginapan, anda juga bisa meminta tolong untuk ikut menginap di tempat teman anda. Anda bisa lebih berhemat.

Berfikirlah Untuk Jalan-Jalan, Bukan Untuk Belanja

Ini berkaitan dengan masalah anggaran perjalanan liburan anda. Jika anda memang ingin berlibur, maka buatlah budget untuk berlibur saja. Jika ingin sambil berbelanja, maka buat juga anggaran khususnya, agar nanti tidak terjadi pemborosan disana.


Dengan beberapa tips diatas, anda bisa mengatur sendiri rencana liburan anda bersama beberapa teman atau keluarga. Anggaran perjalanan yang sudah dibuat juga tentunya akan membantu anda untuk lebih hemat lagi. 

No comments:

Post a Comment

Subscribe